KPAI Temukan Ada Bacaleg Eks Napi Kekerasan Seksual Terhadap Anak

MerahPutih.Com – Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menemukan satu orang bakal calon legislatif di Kota Kupang dengan inisial “HK” yang diduga merupakan mantan narapidana kejahatan seksual terhadap anak.

“Inisial HK,” kata Komisioner KPAI Jasra Putra di kantornya, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (8/8).

Terkait temuan tersebut, KPAI mendorong agar semua pihak tidak memberikan peluang bagi eks pelaku kejahatan seksual anak untuk mengemban jabatan negara termasuk sebagai anggota legislatif.

“Ini untuk menghargai dan menghormati korban pelecehan seksual anak yang sedang dilakukan pengobatan dan rehabilitasi di berbagai tempat di seluruh Indonesia,” kata dia.

Selain itu, KPAI meminta KPU dan Bawaslu mencoret bakal caleg dari Kota Kupang tersebut untuk dikembalikan kepada partai politik yang bersangkutan.

“Upaya ini penting dilakukan disamping penegakan regulasi yang dimiliki KPU dan juga memberikan penambahakan keadilan dan pemulihan cepat bagi korban pelecehan seksual bagi anak yang mengalami penderitaan fisik maupun psikis,” jelas Jasra.

Terpisah, Ketua KPU RI Arief Budiman saat dikonfirmasi mengatakan belum mengetahui satu per satu para pelaku eks tiga terpidana tersebut, termasuk eks Kejahatan seksual terhadap anak.

“Saya ga hafal satu persatu. Kita tunggu saja nanti tanggal pengumumannya. Apakah yang kemarin dinyatakan tidak memenuhi syarat diganti atau tidak nanti tanggal 12 akan kita ketahui,” pungkasnya.(Fdi)