Sense of Crisis Wabah Korona, KPAI Ajak Edukasi Anak

Puluhan orang meninggal dunia akibat penyebaran wabah Korona. Hal ini menjadi ketakutan dan keprihatinan dunia. Tentu tidak nyaman jika kita dan keluarga sedang dekat dengan penyebaran virus Korona.

Anak-anak adalah bagian warga dunia. Bahwa mereka tak luput dari kondisi ini. Dan mereka tidak sekuat orang dewasa. Namun juga tidak perlu ketakutan berlebihan, anak anak dapat diajak untuk fokus kepada pencegahan.

Himbauan Presiden Jokowi dan Kementerian Kesehatan dapat menjadi panduan mengenalkan apa yang bisa dilakukan anak anak. Bahwa para orang tua dapat memastikan dan memperhatikan kondisi kesehatan anak anak mereka. Untuk itu menjadi kewajiban bersama mencegah daripada mengobati.

Mengenalkan anak anak hidup bersih dan menjaga kesehatannya, seperti memakai masker ketika sakit atau mencuci tangan setiap mengkonsumsi sesuatu, agar terhindar.

Dengan mengetahui kondisi, Anak anak dapat berpartisipasi dan menyampaikan kepada teman teman sebayanya.

Selain itu anak anak dapat doa bersama untuk bersolidaritas menjadi warga dunia yang aktif dan peduli kepada nasib anak anak. Tentu akan sangat bermanfaat dalam menumbuhkan sense dan respon of crisis sejak dini.

Sekaligus anak anak mengerti apa yang terjadi di sekitar mereka. Dalam peristiwa ini, anak anak dapat belajar hal hal yang bisa menganggu kesehatannya dan menjadi bagian warga dunia yang peduli.

Mungin virus ini jauh dari Indonesia, namun dari peristiwa tersebut anak anak akan belajar.

*Jasra Putra*
Komisioner Hak Sipil dan Partisipasi Anak KPAI