Sistem Zonasi PPDB 2019 Perlu Perbaikan

Pertama, kita apresiasi anak dan orang tua yang sudah mendampingi putra/i selama proses pendidikan termasuk capaian yang diperoleh anak-anak.

Kedua, kalau dibaca dalam permendikbud 51 tahun 2018 tentang Sistem Zonasi beririsan dengan prinsip-prinsip perlindungan anak yakni; non diskriminasi, kepentingan terbaik bagi anak, tumbuh kembang anak dan mendengarkan pendapat anak serta partisipasi anak. Berbagai persoalan kedepan masih akan muncul, tentu kita minta kepastian implementasi kebijakan ini bisa dilaksanakan oleh Pemerintah, Pemda dan Sekolah terkait masih belum semua sekolah kualitasnya sama, termasuk kualitas guru dan kajian mendalam tentang 8 standar pendidikan.

Disisi lain dan perlu kajian yang mendalam, apakah kasus-kasus tawuran yang melibatkan anak selama ini, baik sebagai pelaku maupun sebagai korban bisa semakin berkurang dengan sistem zonasi ini? Karena layanan pendidikan semakin dekat, kepedulian lingkungan diharapkan semakin meningkat dan deteksi dini kekerasan bisa dicegah dan termasuk keluarga ikut berpartisipasi dalam melindungi anak selama proses pendidikan.