Takbiran Online Bisa Obati Kangen Anak Anak Dan Sanak Saudara Di Kampung Halaman

Lebaran sebentar lagi akan tiba. Sambut kemenangan setelah berpuasa sebulan penuh ditengah pandemi wabah Covid 19 tentu akan dirayakan dengan cara berbeda.

Beberapa daerah telah melarang takbir keliling dan berkerumun dalam menyambut kebahagiaan ini.

Untuk itu perlu alternatif agar anak anak dapat mengikuti anjuran ini.

Pemerintah dapat menghimbau jasa operator komunikasi agar membuka seluas luasnya akses masyarakat dan menfasilitasi takbiran online ini.

Peran masjid dan sekolah mengajak takbiran umat dan siswa juga akan sangat membantu kesuksesan anjuran PSBB dan protokol kesehatan. Dalam menyukseskan pemerintah menekan wabah Covid 19.

Peran masjid, musholla, pimpinan pusat ormas juga sangat besar, dalam mengajak takbiran online dan menyiarkan takbirannya secara online dengan diisi para tokoh agama, ustadz, kyai, habaib yang memaknai kondisi ini saat takbiran online nanti. Agar dapat diikuti umat, keluarga dan anak anak dengan khusyu.

Anak anak perlu di beri fasilitas agar benar benar bisa menyambut kebahagiaan ini dengan baik. Sekolah bisa berperan melaksanakan Online meeting dengan para siswanya, agar ada panduan takbiran dan sholat Ied bagi orang tua di dari rumah.

Sehingga media kanal yang ada secara maksimal dapat memfasilitasi sejak awal, sehingga keinginan pemerintah mengatasi wabah pendemi ini dapat berjalan baik, dan juga tidak mengurangi kekhusyuan anak anak dan keluarga menyambut Lebaran.

Sosialisasi sholat Iedul Fitri dari rumah juga sangat dianjurkan pemerintah, ormas dalam pedoman Sholat Iedul Fitri tahun ini.

Namun jangan sampai situasi kemenangan ini tidak dapat dirayakan bersama.

Jasra Putra Komisioner KPAI menyarankan setiap orang tua bersama anak anaknya bisa memanfaatkan sarana online streaming untuk berinteraksi dengan sanak saudara di kampung halaman.

Meski tak semeriah takbir keliling, namun Jasra yakin maknanya tidak kalah dan dapat mengobati sementara atas rindu kampung halaman. Justru bisa jadi penghayatannya lebih dalam, dan anak anak dapat memahaminya.. Dan menghadirkan suasana gembira kumpul anak anak, cucu cucu kakek neneknya via online streaming.

Kemenangan ini akan lebih bermakna bila dirayakan orang orang terdekat. Bahkan bisa jadi ini menjadi momen pertama kali takbiran dengan semua anggota keluarga yang membawa suasana baru dan akan menjadi budaya baru yang indah setiap jelang Lebaran, takbiran melalui online meeting dalam mengatasi jarak.

Biasanya setiap pulang kampung, saling menunggu sampai anggota keluarga lengkap, baru kemudian bersilaturahmi ke sanak saudara. Bahkan biasanya ada yang tidak bisa hadir karena faktor jarak.

Meski tidak bertemu langsung, namun pemanfaatan media online bisa menjembatani ini. Positifnya semua anggota keluarga dapat mengikuti dengan mudah.

Begitupun pelaksanaan sholat Iedul Fitri esoknya, keluarga masih bisa memanfaatkan sarana online streaming bersama keluarga di kampung. Dalam menyambut kemenangan dan saling menguatkan di era Pandemi Covid 19 ini.

Namun kita tidak memungkiri masih ada anak anak atau keluarga yang berada di daerah yang tidak memiliki akses listrik atau akses internet. Berharap juga ada akses yang dibuka bagi mereka di momen membahagiakan ini. Semoga kebahagiaan lebaran juga selalu menyertai mereka, dengan harapan wabah pandemi Covid 19 segera berlalu.